Selasa, 19 Februari 2008

Bill Saragih - Dia Yang Kembali





Dunia musik Indonesia, khususnya dunia jazz kembali kehilangan salah seorang putra terbaiknya baru2 ini. om Bill Amirsjah Rondahaim Saragih akhir januari lalu meninggal dunia akibat stroke dan diabetes yg udah lama dideritanya. Almarhum ini artis serba bisa. Selain dikenal dgn suara beratnya yang sangat mirip dgn Louis Armstrong, dia juga ahli dalam memainkan berbagai alat tiup, seperti suling yang jadi instrumen favoritnya, selain juga piano yang udah nyatu dengan jari jemarinya selama puluhan tahun. Om Bill almarhum sempat bertualang ke luar negeri, mulai dari Bangkok hingga Australia, dimana om Bill ketemu dengan soulmatenya, tante Anna. Om Bill terkenal sangat cinta tanah airnya, terutama tanah batak, dimana dia dilahirkan. Dimanapun, kapanpun, dia tetap tampil membawakan lagu2 batak dengan gayanya yg khas.

Ini album perdana om Bill, waktu baru pulang dari Australia. Kaset keluaran Pramaqua Records (ada yg masih ingat label ini.. anybody? ) ini berisi 10 lagu yg klasik bgt. Dua lagu tapanuli, Anju Au (sayangi aku) dan Nasonang Do Hita Nadua (betapa senangnya kita berdua), ada lagu wajibnya indonesia, kidung dan Lilin Lilin Kecil karya James F Sundah yg populer lewat Chrisye, ada lagu perjuangan Merpati di Tapal Batas, lagu Noerlela karya Bing Slamet (kalo ga salah..), atau Saputangan Dari Bandung Selatan nya Ismail Marzuki (ini jg kalo ga salah). Ada juga lagu sunda, Es Lilin, dalam tiupan suling mautnya om Bill. Lagu Romantika Kehidupan seingat gw karya Janner Sinaga. Satu lagi yg klasik pastinya Anna My Love, lagu buat sang istri tercinta. Romantis abissss.... So, ini album vintage, klasik, another harta karun, yang jelas rare...

Well, ini buat mengenang om Bill. Farewell tulang Bill.. Rest in peace. Semoga om Bill diterima di sisiNya dan beristirahat dalam damai di surga.

1. Bill Saragih - Anju Au (4:13)
2. Bill Saragih - Lilin-Lilin Kecil (3:53)
3. Bill Saragih - Melati Ditapal Batas (3:32)
4. Bill Saragih - Romantika Kehidupan (2:58)
5. Bill Saragih - Kidung (3:40)
6. Bill Saragih - Saputangan Dari Bandung Selatan (3:08)
7. Bill Saragih - Anna My Move (3:44)
8. Bill Saragih - Es Lilin (3:47)
9. Bill Saragih - Nasonang Do Hita Nadua (3:41)
10. Bill Saragih - Noerlela (3:39)

Link in comment

2 komentar:

MR & MRS JAZZ mengatakan...

Link

Jo mengatakan...

waaa... mau dong albumnya opa bill!!