Minggu, 07 Oktober 2007

IDANG RASJIDI - LIVE AT FOUR SEASONS







Pentas jazz, denting piano, jiwa entertainer, bakat alam,konsistensi dan komitmen kuat pada jazz.. semua kata kunci ini akan mengarah hanya pada beberapa tokoh, salah satunya Idang Rasjidi. Om Idang kelahiran Pangkal Pinang tahun 1958 besar di pentas jazz lokal dan internasional. AWal karirnya dimulai justru sebagai bassist di acara anak2 TVRI jadul. Lalu dia mulai mengisi keyboard di Abadi Soesman Band. Om Idang bukan sembarang artis, dia mampu main piano sambil memakai vokalnya untuk bunyi2an instrumen lain seperti terompet, trombone bahkan perkusi. Hebatnya lagi, keahlian pianonya dipelajari secara otodidak!

Album ini hebat. Album yang direkam live ketika om Idang tampil live di hotel Four Seasons Jakarta, ternyata mendapat sambutan gila2an di Amerika, Eropa dan Jepang. Adalah Bob James, sang pianis terkenal yang menyampaikan langsung ke om Idang. Selain laku keras, album ini juga masuk kategori "collector items" , yang artinya diburu kolektor jazz dunia dan diedarkan cuma dalam jumlah terbatas. Ngeliat tracklistnya, sebagian besar memang lagu2 jazz standar, yang udah pasti dibawain dengan improvisasi edun sekelas om Idang. Tapi perhatiin ada 2 track menarik, Java Talk dan Padamu Negeri. Java Talk unik dan kocak, menggabungkan bahasa jawa dengan bahasa sunda dalam denting2 jazz dan gendang, sedang Padamu Negeri? dengerin aja gimana dalamnya penjiwaan om Idang ngebawain lagu ini. bikin merinding uy..
Satu catatan lain, biar album ini aslinya direkam live, tapi suara2 tepuk tangan dan noise2 lain yang biasanya "mengganggu" ga ada disini alias bersih n bening abis.

ok deh... gitu aja dari gw. silahkan proses aja langsung

1. Idang Rasjidi - Autumn Leaves (9:28)
2. Idang Rasjidi - Blue Moon (3:43)
3. Idang Rasjidi - Blues at Four Season (5:21)
4. Idang Rasjidi - Java Talk (4:46)
5. Idang Rasjidi - Padamu Negeri (2:05)
6. Idang Rasjidi - Stella by Starlight (9:45)
7. Idang Rasjidi - Summertime (4:54)
8. Idang Rasjidi - The Days of Wine and Roses (9:16)
9. Idang Rasjidi - You Don't Know What Love Is (10:35)

link in comment