Kamis, 22 November 2007

Krakatau - 2 Worlds





2 worlds yang dimaksud disini mungkin adalah pertemuan dua dunia antara timur dan barat, bisa juga antara etnik musik dan jazz, tapi buat gw sendiri, gw menggambarkan 2 worlds ini sebagai pertemuan antara real world dan imaginary, mystical and magical world. Belum pernah gw ketemu ethnic fusion yang segila ini. Eksplorasi out of the world yang mungkin akan kedengaran sangat berat bagi pendengar awam, tapi mengagumkan buat yg bisa menikmati ethnic fusion. Improvisasi dan komposisinya bener2 challanging, wild, pushing to the limit of musical performance, technique and sound. Sebagian komposisi dalam album ini sendiri dikerjakan ketika mereka tampil dalam rangkaian konser kelilingnya di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2005. Dalam kesempatan tersebut, Krakatau juga mengajak beberapa rekan musisi asing dari Kanada, Amerika Serikat dan Italia. Mereka ikut tampil dan berbaur dalam menampilkan kemampuannya. Sepertinya juga mereka mencoba untuk menikmati warna dan groove yang barangkali asing bagi musisi luar. So, there i said it.. not recommended buat yg suka easy listening, unless you wanna try how a two worlds colide would sound like. For you who love ethnic jazz, who love a free exploration and progressivity of jazz music, this one is brilliant and recommended.

Personnel:
Pra B.Dharma (slendro fretless bass); Dwiki Dharmawan (keyboard); Adhe Rudyana (kendang & perkusi); Yoyon Dharsono (rebab, suling & tarompet); Zainal Arifin (gamelan & perkusi); Gerry Herb (drums); Ubiet (voice);

Guest Stars:

Ron Davis (piano); Reg Schwagger (guitar); Howard Levy (blues harmonica); Carlo Actis Dato (tenor & baritone sax, bass klarinet); John Loach (flugelhorn); Andrew Timman (suling); Massimo Rosi (alto & soprano sax); Karsten Lipp (electric bass); Federico Marchesano (electric guitar); Dario Bruna (drum kit); Mr Q (alto recorder).

Komposisi:
Levy's Groove
Actis Baritone Funk
Bunga Tembaga
Swing in S'lendro
Pine Crescent Jamz
Madenda Fantasy
Two Worlds
Suling Bodas (White Bamboo Flute)
Double Bands 'Live'
Perahu
Bancak Pakeweuh

Link in Comment