Selasa, 20 November 2007

Lewis Pragasam's ASIABEAT Project : Urban Beyond





Blackmamba says:
Satu bumi, banyak manusia dan berbagai bunyian. Bunyi-bunyian itu memperindah kehidupan, dan mempersatukan. Mendamaikan. Asia punya begitu banyak bunyi2an yang kaya ragam dan pesona. Gimana jika semua ini digabungkan dalam satu bahasa yang namanya jazz...?

Alkisah , tahun 1979 om Lewis Pragasam (drummer & percussionist), suku india tamil warganegara Malaysia punya ide mengkombinasikan berbagai jenis musik dan rhythm etnik. Ide ini terinspirasi dari multi kultural penduduk Malaysia, spt kita jg. Proyek ini sekian puluh tahun kemudian berkembang, terutama setelah mendapat dukungan dari produser asal Indonesia, Gita Wirjawan. Dari asalnya, yang melibatkan multikultural malaysia, berkembang jadi sebuah mega proyek yang melibatkan puluhan musisi asia dari berbagai negara, bahkan didukung bbrp musisi dari luar Asia. Dari kita? ada Tompi, yg bukan hanya sumbang suara, tapi juga sumbang satu komposisi lagu. Album ethnic jazz luar biasa yg memaksimalkan berbagai ethnic music Asia, mulai dari gamelan, sampai india, cina dan jepang. This is an amazing project. Paduan segala jenis dan ragam musik etnis dilebur sempurna kedalam jazz fusion yg keren banget. Kalau kita terbiasa dengan jenis etnik musiknya Krakatau era milenium yang tampil nge-jawa, Simak Dialog , atau Bali Lounge nya Tompi (Bali Lounge dan Tompi juga diangkat oleh Gita Wirjawan, dan om Lewis adalah drummer disana). kali ini area musik yang ditawarkan jauh lebih luas dengan merambah musik2 asia secara total. Bayangkan, disini ada dan bau (alat musik tradisional cina), dhol dan vokal india suku sikh dan hindi, ada suling bambu, picolo, sampai sample gamelan elektronik. Spektakuler, kreatif dan jenius. Kalau aja semua bangsa di dunia bisa bersatu dan tampil kompak dalam keragaman spt ini, bayangkan gimana indah dan damainya dunia..

Secara pintar Lewis Pragasam menggambarkan jenis musiknya dengan analogi sederhana.
Simak komentar yg punya gawe:
"Album ini menawarkan cita rasa modern tapi kaya dengan warna tradisionilnya. Saya menyebutnya The Sound of Contemporary Asia. Seperti kita pakai internet, handphone tapi masih doyan makan nasi padang"

Rip CD ORI, 192 kbps, super bening, kualitas garansi manis, lengkap dengan scan bookletnya semua halaman didalam. enjoy!

JazzLoVa says :
Asia .. Rich of Culture and Music Sense. We may look to our country itself, different Culture can be Different taste of music. Sundanese with Angklung, Javanese with Gamelan, etc. How about the other country around Asia ? Waw we can imagine how diversity and variety their musics themself. Indonesia, India, Thailand, Vietnam, Japan, Korea etc so much taste of Music we can explore. So do this project. Urband Beyond which is brought by Asia Beat Lewis Pragrassam's Project so genious with the idea united the diversity among our Asian Musics and Musicians and became one great compilation will bring us to other side of Asia ! in a Jazzy way for sure

"Feel the Beat around Asia with this album! "

Yeaaa .. MUST HAVE ALBUM ! sooo Breathless !

01. Beat Club
02. Peacock
03. Sailing With You
04. Guru Ji
05. Mi Corazon
06. Sand Dunes
07. Soft Melody
08. Close
09. Urban Swami
10. One Day I'll Fly Away
11. Derata

Link in Comment