Selasa, 04 Desember 2007

Jazz Masa Lalu dan Kini : Pertunjukan di Taman Ismail Marzuki Jakarta, 30-31 Mei 1976 (Introducing Indra Lesmana! )







Blackmamba says:
Bicara soal barang langka, ini bukan langka lagi... entah apa namanya yg pas hehe...

Ceritanya gini..
minggu lalu, gw dimintain temen gw untuk bantuin temennya pindahan. Nah, singkat cerita, gw lagi di dalam gudangnya, mau ngosongin isinya.. sewaktu gw geser kardus gede, ada kaset disudut ruangan, penuh debu (dan deru.. halah :hammer: :D ). Insting gw berkata, liat tuh kaset! nah, gw ambil.. ternyata, kagetlah gw begitu liat kasetnya.

sebentar.. sebelum gw lanjutin ceritanya, gw refresh memory dikit, dari review dari Indra Lesmana - Ayahku Sahabatku.


Alkisah, tahun 1976 di Bandung, orang terpukau melihat jari2 mungil seorang anak yang baru menginjak usia 10 tahun. A star was born. Dilanjutkan dengan penampilan Indra di panggung Taman Ismail Marzuki pada tahun yang sama,jari-jemarinya yang mungil menggerayangi bilah-bilah tuts piano elektrik Fender Rhodes..

dilanjutin ceritanya..
ini kaset yg berisi rekaman penampilan perdana INDRA LESMANA di ibu kota, tepatnya di Taman Marzuki Ismail (TIM), tahun 1976. yes, pertama kali dia manggung itu di bandung, tapi waktu itu ga ada yg rekam, dan cuma dalam skala lokal. Berarti, ini adalah perkenalan pertama Indra dengan dunia rekaman! think about how the history's finally revealed. Seolah jadi time tunnel, kita ngerasain, ngedengerin dan spt berada lgsg disana, ketika seorang Indra Lesmana lahir di dunia musik. Di sampulnya ga tertulis nama indra? ya jelas lah.. belom ada yg kenal waktu itu. Justru dari album ini dia mendapat perhatian dan apresiasi khusus dari orang, yang akhirnya membawa Indra untuk belajar musik di Australia. tapi tunggu, liat bagian dalam kasetnya:



ada nama indra disana. ;)
Di lagu ke dua, All In Love Is Fair, kedengeran suara Jack Lesmana memperkenalkan Indra. Gw kutip kata2nya disini:
"Indra Lesmana... umurnya baru.. 10 tahun. Dan dengan sebuah lagu, All In Love Is Fair. So.. Indra."
dan jejak sang legendaris pun dimulai. Silakan dengar dan takjub dengan kemampuan bocah 10 tahun yang belum pernah belajar secara formal sebelumnya. Ajaib. Dahsyat.

Selain Indra? banyak nama besar disini. Ada Jack Lesmana, Bubi Chen, Benny Mustafa, Oele dan Perry Pattiselano, Mona Sitompul, Rien Djamain, Kiboud Maulana, Abadi Soesman dan lain2.

Sayangnya satu.. kualitasnya ga begitu bagus, maklum, selain ini di rip dari kaset (udah gw ganjal gabus padahal dipitanya supaya stabil), album ini juga rekam langsung dengan teknologi seadanya waktu itu selagi pertunjukan. Tapi semua masih bisa dgn jelas kita dengerin kok.. so don't worry. (gw usul, bassnya kecilin abis spy bisa lebih enak didengerin..) :)

okeh.. suka indra atau tidak, ini bagian penting sejarah jazz indonesia, yang pastinya jangan sampai terlewatkan. Let's ride the time tunnel, and be a part of the history! ;)

1. All Stars ft Mona Sitompul - How Insensitive (4:39)
2. All Stars ft Indra Lesmana - All In Love Is Fair (4:09)
3. All Stars - Sweet Georgia Brown (2:24)
4. Bubi Chen, Perry Pattiselano, Benny Mustafa - A Tribute To Django (8:20)
5. All Stars ft Rien Djamain - Theme From Mahogany (2:48)
6. All Stars - Recado Bossanova (5:07)
7. All Stars - Silence For The Buffalo (17:04)

Link in comment