Senin, 14 Januari 2008

Nial Djuliarso - At Julliard







Satu lagi pemain potensial yang bakal mengharumkan nama indonesia di kancah jazz di masa depan. Nial Djuliarso adalah seorang pianis jazz yang belajar di Julliard Music School di New York, setelah sebelumnya lulus dari Berklee College of Music di Boston sana. Ilmu diserapnya dari jazzer2 kakap spt Wynton Marsalis atau Kenny Baron. Pada saat masih belajar dan belum bikin album, dia udah tampil di banyak pentas jazz besar spt North Sea Jazz, Montreux Jazz Festival atau Carnegie Hall. Bukan cuma nongol di festival gede, Nial bahkan memenangkan Horace Silver Piano Competition dan menjadi juara ke 3 dalam piano competition di montreux dan moskow.

Sekarang bicara album ini. Ini album yang berkompromi dengan selera pasar. Kemampuan Nial yang sebenarnya jauh diatas album ini, tapi realita mengatakan bahwa jazz standar, yang sebenarnya jadi menu utamanya Nial, agak2 susah dijual dan sering dianggap terlalu berat. So, jadilah album ini yang sangat kompromistis, smooth jazz dengan improvisasi2 yang jauh dari kesan rumit, sehingga bisa dinikmati siapapun, tapi tetap tanpa mengabaikan sense jazz. Pilihan lagu juga dipilih yang udah familiar, spt Just The Way You Are nya Billy Joel, Long and Winding Road nya The Beatles, Overjoyed nya Steie Wonder, Spain nya Chick Corea yg juga pernah dipopulerkan Al Jarreau, Kei Song nya David Benoit, Lady Valentine nya David Gates, My Favorite Things dari Sound Of Music, dan yang keren bgt, ada Juwita Malam nya Ismail Marzuki.

Ini album yang bakal asik dipakai buat nemenin kita2 dalam beraktifitas. Mau dipake nyantai, mau dipake jadi temen selagi nyetir, buat romantic candle light dinner, buat ngebangun romantic mood, dan lain2, bakal asik deh gw jamin. As a debut album, this is great. Yang pasti, list pianist jazzer atau pianis indonesia secara umum setelah om Bubi Chen, Indra Lesmana, Dora Sahertian, atau Idang Rasjidi, sekarang bertambah satu lagi. Nice, nice.... :) Oia, kalo suka album ini, n ga ngeberatin, beli CD nya yah.. siapa lagi yang bisa mendukung musisi2 jazz dalam negeri kalau bukan kita. ;)

ps: thanks to Gita Wirjawan dan Omega Pacific Productionnya yang tetap konsisten mewadahi musisi2 jazz dalam negeri.

1. Nial Djuliarso - My Favourite Things (8:18)
2. Nial Djuliarso - Just the Way You Are (4:36)
3. Nial Djuliarso - Juwita Malam (5:38)
4. Nial Djuliarso - Kei Song (5:30)
5. Nial Djuliarso - Long and Winding Road (4:31)
6. Nial Djuliarso - Moscow Morning (9:06)
7. Nial Djuliarso - Lady Valentine (6:07)
8. Nial Djuliarso - Overjoyed (4:16)
9. Nial Djuliarso - Spain (5:16)
10. Nial Djuliarso - This One's For You (5:22)
11. Nial Djuliarso - To A Friend (7:08)
12. Nial Djuliarso - Windmills of Your Mind (4:10)

Link in comment